Jumat, 27 Desember 2019

Belajar Komputer untuk Pemula

Di jaman modern yang serba canggih ini, Komputer dan Laptop merupakan salah satu kebutuhan sekunder yang sebaiknya dipelajari sejak dini hari.

Hal ini karena sekarang sekolah SD telah menerepakan pelajaran komputer (TIK) sebagai pelajaran yang mempengaruhi rapot, bahkan sekarang pemerintah telah menerapkan ujian menggunakan komputer, dan di perguruan tinggi rata-rata mata kuliahnya diharuskan untuk memakai Laptop.

Bagi pemula yang ingin belajar tentang komputer cepat dan dimulai dari nol, hal yang pertama dilakukan untuk belajar dasar-dasar komputer adalah NIAT, lalu selanjutnya carilah materi di perpustakan, di toko buku dan online mengenai komponen komputer, yakni hardware, software, dan brainware.

Seringkali kali bagi pemula ketiga komponen tersebut bingung dan keliru, mana yang hardware dan mana yang software, apalagi brainware.

Setelah mengetahui materi tersebut, sekarang yang perlu diketahui adalah fungsi dari masing-masing perangkat Hardware.

Beberapa hardware yang harus wajib diketahui dasar-dasarnya serta cara penggunaannya adalah: Mouse, keyboard, monitor dan CPU, keempat tersebut harus tahu fungsi dan cara menggunakannya.

Lalu jika sudah mengetahuinya sekarang harus tahu bagaimana cara mengoperasikan komputer mulai dari menyalakan dan mematikan komputer serta membuka program aplikasi seperti microsoft word, dan excel.

Belajar Komputer - Jika sudah mengetahui komponen-komponen komputer serta cara mengoperasikannya, tahap selanjutnya adalah mempraktikan dan melihat sendiri komponen komputer/laptop.

Sekarang ini sekolah telah menerapkan komputer sebagai mata pelajaran. Untuk dapat menguasai ilmu komputer, manfaatkan waktu tersebut untuk belajar praktik.

Mengapa harus praktik?

karena jika mengetahui materinya tanpa melakukan praktik nanti akan bingung di depan komputer ingin memulai dari mana, jadi harus praktik agar nanti tahu dimulai darimana walaupun awalnya akan bingung, nanti lama-lama akan terbiasa.

Tapi jangan ketergantungan dengan mata pelajaran sekolah, agar lebih cepat untuk menguasai ilmu komputer sebaiknya sisihkan uang jajan lalu pergilah ke warnet, karena di sana kamu dapat belajar secara otodidak dan waktunya lebih dari jam pelajaran sekolah.

Tapi nanti di warnet kita harus melakukan apa?
Pertama-tama bawalah teman agar dapat saling membantu untuk melakukan apa di sana, namun jika dirasa ingin belajar sendirii hal yang harus dilakukan saat menyalakan komputer adalah menginstall game.

Memang buat apa menginstall game ?
Hal ini agar dapat mengetahui dan menghafal letak huruf-huruf di keyboard, dengan ini juga dapat memperlancar saat mengetik.

Game yang dapat memperlancar mengetik saat menggunakan keyboard adalah Typer Shark Deluxe.

Silahkan diinstall agar dapat mengetahui letak huruf-hurufnya. Dengan ini juga nanti akan terbiasa lalu dapat mengetik secara cepat.

Tips agar mengetik cepat:
  • Pertama gunakan satu tangan terlebih dahulu dengan jari telunjuk untuk mencari huruf-huruf di keyboard
  • Jika dirasa sudah menguasai dan sudah tahu letak huruf-hurufnya sekarang gunakan dua tangan dengan jari jempol di spasi serta jari telunjuk mencari huruf-huruf
  • Kalau sudah menguasai, sekarang ke tahap selanjutnya yakni menggunakan 10 jari, bebas letakan jari telunjuk, tengah, manis dan kelingking dimana saja asalkan itu membuat nyaman namun yang perlu diingatkan adalah jempol harus wajib berada di spasi
Read more : https://bersamatekno.com/belajar-komputer-dasar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar