Jumat, 27 Desember 2019

Informasi menarik tentang Kesehatan

Kaitan Antara Suhu Dingin dengan Perut Mulas

Ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika terpapar suhu dingin. Ada yang mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, tubuh yang menggigil, hingga mengalami gangguan pencernaan. Menariknya, tak hanya mengalami perut mulas atau diare, ada juga yang mengalami gejala sembelit akibat hal ini.

Pakar kesehatan menyebut suhu dingin ternyata memang bisa mempengaruhi kondisi pencernaan dengan signifikan, tepatnya dalam membuat lajunya menjadi semakin melambat. Hanya saja, efek ini tidak selalu dirasakan pada setiap orang.

Selain itu, suhu dingin ternyata juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan kekuatan dengan signifikan. Hal ini akan berimbas pada mudahnya bakteri menyerang, termasuk bakteri Yersinia yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang disebut sebagai yersiniosis. Bakteri ini bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan yang sudah terkontaminasi. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah diare, nyeri perut, demam, dan munculnya ruam-ruam.

Selain itu, suhu dingin juga cenderung mempengaruhi kondisi psikologis kita dengan signifikan. Kita cenderung ingin menghangatkan diri di dalam rumah dan malas untuk melakukan aktivitas fisik, apalagi jika sampai harus membuat kita keluar rumah. Hal ini membuat kita lebih jarang terpapar sinar matahari.

Informasi menarik tentang Kesehatan - Dampak dari kekurangan sinar matahari tak hanya akan membuat kita kekurangan asupan vitamin D. Dalam realitanya, hal ini akan membuat kita kekurangan hormon serotonin, hormon yang bisa membuat kita merasa bahagia. Dampaknya tentu akan membuat kita lebih sering terpapar stres dan gangguan suasana hati.

Masalahnya adalah stres juga bisa berimbas pada perubahan pola makan. Jika kita kemudian makan dengan sembarangan, maka risiko untuk terkena masalah perut mulas saat cuaca dingin pun akan semakin meningkat.

Source : https://doktersehat.com/saat-suhu-dingin-perut-mulas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar