Selasa, 17 Desember 2019

Hosting Murah

Apa itu Hosting

Sama halnya dengan domain, banyak juga yang bertanya apa itu Hosting? Tentu banyak orang awam tidak paham akan HOSTING. Banyak sekali yang mengira server sama dengan hosting atau bahkan sebaliknya server adalah hosting. Bukan pengertian yang salah tetapi perlu diluruskan.

Hosting adalah suatu tempat atau space untuk meletakkan file supaya bisa di akses di internet. Ibarat domain sebuah alamat maka hosting adalah sebuah TANAH.

Bila membeli suatu tanah yang menentukan mahal murahnya ada beberapa indikator :
  • ukuran tanah
  • akses jalan
  • dll
Sama halnya dengan tanah, sebuah hosting mahal murahnya juga bergantung dengan beberapa indikator tersebut :
  • besarnya space
  • akses keluar masuknya (bandwidth)
  • peraturan – peraturan yang ada
Pembagian level HOSTING

Secara umum hosting dibagi menjadi 3, yaitu:

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah salah satu paket hosting yang menaruh account hosting bersama – sama dengan beberapa account hosting lainnya dalam satu server yang sama. Biasanya pengguna hanya dapet mengelola file saja tidak bisa sampai merubah settingan server secara advanced.

Dinamakan “shared” karena fasilitas dalam satu server digunakan bersama – sama dengan acoount hosting lainnya. Efeknya bila salah satu menggunakan resource/daya yang berlebihan maka account hosting yang lainnya akan terkena imbasnya juga. Hal ini bisa beragam, hal yang paling sering terjadi adalah performance salah satu atau beberapa account hosting lainnya akan menurun atau biasa disebut “websitenya lemot”.

2. VPS Hosting (Virtual Private Server)

VPS adalah salah satu paket hosting murah yang memiliki resource yang lebih tinggi daripada shared hosting. Setiap account VPS juga memiliki virtualisasinya sendiri. Dengan memiliki virtualisasi sendiri maka kita memiliki dapat menginstall software atau script tambahan sesuai keinginan kita. Hal tersebut yang membedakannya dengan shared hosting, yaitu anda memiliki akses hosting anda secara penuh.

3. Dedicated Hosting (Dedicated Server)

Dedicated server adalah salah satu paket layanan hosting yang menyewakan server secara utuh dan berdiri sendiri. Biasanya Server yang disewakan tersebut berada di tempat penyedia hosting.
Layanan ini memberikan anda kebebasan untuk menjalankan software – software berat dengan penggunaan resource besar yang tidak dapat dilakukan pada shared hosting maupun VPS. Anda akan diberikan akses root untuk masuk ke web servernya sehingga dapat mengelola server sesuai kehendak anda.

Jadi bagaimana sudah paham apa itu hosting?

Source : https://rectmedia.com/apa-itu-hosting/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar